TELAAH KITAB “AS-SUNNAH AN-NABAWIYAH BAINA AHLI AL-FIQHI WA AHLI AL-HADITS”

Buku yang akan saya review adalah dalam edisi Arabnya dan saya bandingkan dengan edisi Indonesia yang berjudul Studi Kritis Atas Hadits Nabi Saw Antara Pemahaman Tekstual Dan Kontekstual. Yang diterjemahkan dari edisi Arab cetakan yang ke-lima oleh Muhammad al-Baqir dan diterbitkan oleh Mizan.

Biografi Penulis.

Muhammad al-Ghazali dilahirkan pada tahun 1917 M di sebuah desa yang bernama Nakla al-Inab Kabupaten al-Dhahirah, Mesir. Desa tersebut adalah tempat kelahiran orang-orang besar seperti Syaik Salim al-Bishri (Syaikh al-Azhar), Syaikh Muhammad Abduh, Syaikh Mahmud Syalthut (Syaikh al-Azhar),salah satu guru Muhammad al-Ghazali, begitu pula Ustadz Muhammad al-Bahiy.Muhammad al-Ghazali menyelesaikan Sl-nya di Universitas al-Azhar Fakultas Ushuluddin dengan konsentrasi dakwah kemudian meraih gelar takhash-shush

(setingkat magister) di bidang bahasa Arab.

Separuh abad dari umurnya telah beliau habiskan dalam kegiatan imamah, khitabah dan tadris di masjid-masjid milik Kementrian Waqaf Mesir. Beliau juga menjabat sebagai direktur dalam sebuah lembaga semacam koordinator masjid dan dakwah, yang ada di departemen waqaf tersebut. Syaikh al-Ghazali menjadi staf pengajar di berbagai perguruaan tinggi di dunia Islam dimulai dari universitas al-Azhar, kemudian universitas Malik-Abdul Aziz dan Ummul Quraa’ begitu juga universitas Qatar. Akhirnya beliau menjadi rektor Universitas Abdul Qadir di Aljazair. Kemudian beliau mengalami gangguan kesehatan yang memaksa beliau beristirahat dan meninggalkan universitas.

(Visited 31 times, 1 visits today)

Leave a Comment

Your email address will not be published.