Review BUKU “ISLAM MURNI DALAM MASYARAKAT PETANI”

 

Buku Islam murni dalam masyarakat petani ini bermula-berjudul Gerakan Pemurni islam di pedesaan (kasus Muhammadiyah kecamatan Wuluhan Jember Jawa Timur). Buku ini disusun. sebagai laporan penelitian disertasi untuk memperoleh gelar doctor dalam sosiologi yang telah dipertahankan dalam Sidang Senat dan Guru Besar UGM terbatas pada tanggal 1 Desember 1999.

Disertasi ini adalah sebuah karya yang kebenamnya masih harus diuji ulang dalam rentang sejarah Muhammadiyah, khususnya di Kecamatan Wuluhan.

Buku ini terdiri dari delapan bab,tiga bab bersifat teoritis, 4 bab bersifaat penelitian lapangan dan satu bab kesimpulan Setelah pendahuluan Mulkhan memaparkan fundamentalisme kliental dalam Muhammadiyah dan tangga mencapai keshalehan. Kemudian ia mengemukakan penelitiannya dalam empat bab yang berjudul “Gerakan Muhammadiyah di Pedesaan Wulu “. Pergeseran

elite lokal, dinamika hubungan empat kelompok pengikut muhammadiyah dan pedesaan dan pribumisasi Islam murni. Kemudian ia tutup denghan kesimpulan.

Dalam review ini saya hanya akan membahas pokok-pokok masalah yang meliputi latar belakang permasalahan, tinjauan kepustakaan, metodologi penelitian dan temuan-temuannya, kemudian saya lengkapi dengan analisa kritis.


Download disini

(Visited 18 times, 1 visits today)

Leave a Comment

Your email address will not be published.