RAHASIA KEJAYAAN SALAF SHOLIH

Ada 5 hal yang ada pada diri para sahabat seluruhnya dan hasil didikan Rasulullah shallallahu’ alaihi wasallam hingga menjadi generasi terbaik, kata Imam Al Auza’i ulama tabiin dari Syam, yaitu:
خمس كان عليها أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم : لزوم الجماعة واتباع السنة وعمارة المسجد وتلاوة القرآن والجهاد في سبيل الله .
1. Luzum Jamaah: Komitmen untuk berjamaah dan bersatu, diantara bentuk dasarnya adalah setia dan komitmen kepada para ulama’ ahlus sunnah wal jamaah, dan kepada ulil amri selama masih dalam ketaatan kepada-Nya.
2. Ittiba’ assunnah: Mengikuti sunnah Nabi shallaahu ‘alaihi wa sallama. Kata Imam Syafii, sunnah Nabi itu adalah apa yang difardhukan oleh Allah ta’aala untuk diikuti dan tidak halal bagi siapapun untuk menyelisihinya.
3. Imarotul Masjid: Memakmurkan masjid, baik sebagai pengurus atau sebagai jamaahnya. Makmur adalah apa yang Allah ta’aala Cintai.
4. Tilawatul Qur’an: Membaca al Quran, baik membaca huruf-hurufnya atau mentadabburi isinya.
5. Al Jihad fi Sabilillah: Jihad di jalan Allah ta’aala. Hingga sahabat yang masih kecil pun juga bersemangat untuk mengikuti jihad. Seperti contohnya adalah Zaid bin Arqom yang sedari dini meminta izin untuk berperang, namun tidak diizinkan. Hingga akhirnya ketika sudah mencapai usia baligh diizinkan untuk berperang.
(Ucapan imam al Auza’i diambil Dari Kitab Syarhus Sunnah Imam Al Baghowi dengan beberapa penjelasan)
Ucapan imam Auza’i ini Menunjukkan pentingnya memakmurkan masjid, agar kita menjadi baik sebagaimana generasi terdahulu telah menjadi teladan terbaik umat ini.
Jika Imam Al Auza’i diatas mengungkapkan 5 karakter utama generasi sahabat, maka Nabi shallaahu ‘alaihi wa sallama menyebutkan rahasia kekuatan dan kemenangan sahabat melalui sabdanya:
صلاح أول هذه الأمة بالزهد واليقين ويهلك آخرها بالبخل والأمل
Baiknya generasi pertama dari umat ini adalah pada zuhud dan yakin, dan binasa generasi akhirnya dengan kebakhilan dan angan-angan. (Dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih al Jamik)
🎤Disampaikan dalam tausiyah subuh dalam rangka Raker Masjid Jami’ Al Umm hari Sabtu Ahad tanggal 5-6 Des 2020.
(Visited 21 times, 1 visits today)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *