KONSEP ILMU DALAM AL-QUR’AN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM

Ilmu sangat menentukan arah dan tingkat keagamaan individu dan umat. Ilmu dan agama adalah unsur terpenting dari suatu tsaqafah (kebudayaan) dan hadharah (peradaban). Ilmu melandasi kebudayaan, mengarahkan dan mengendalikannya1. Oleh karena itu konsep tentang ilmu adalah penting, dan lebih penting lagi adalah meluruskan kerancuan dalam konsep ilmu.

Sebagaimana kita ketahui sekarang ini di lembaga-lembaga pendidikan di luar Islam banyak yang tidak mengetahui atau bahkan tidak mau mengakui konsep ilmu dalam Islam, sementara di lembaga-lembaga Islam telah mengalami kerancuan dalam memahami ilmu menurut Islam.

Diantara unsur-unsur penting dalam konsep ilmu adalah pengertian ilmu, hakekat ilmu, macam-macam ilmu, hirarki ilmu buah ilmu dan penyakit ilmu. Contoh kerancuan yang sangat mendasar adalah pengertian dan penggunaan kata ilmu. Banyak orang menggunakan istilah ilmu untuk sains saja, dengan demikian agama termasuk Al-Qur’an dan Sunnah bukan termasuk ilmu, maka menurut mereka makalah yang ilmiah adalah makalah yang tidak memuat ayat Al-Qur’an dan hadits Nabi S.A.W. Sebagian dosen melarang mengutip ayat dan hadits, ada yang membolehkannya namun dalam foot note saja2. Begitu juga ada orang yang mempertanyakan: Apakah Al-Qur`an kitab ilmu?3 Sungguh ini aneh sekali, sebab yang dia inginkan adalah apakah Al-Qur`an itu kitab sains? Maka ini menunjukkan kerancuan yang serius tentang istilah ilmu ini.

1 Baca Khalid Ibn Abdillah Al Qasim, et al., Al Madkhal Ila Al Tsaqafah Al Islamiyyah, Riyadh: Madar Al Wathan Li Al nasyr, 2009 hlm. 10. Juga Malki Ahmad Nasir, 2012, Konsep Ilmu dan Aplikasinya dalam Pembangunan. [Online], http://insistnet.com/konsep-ilmu-dan-aplikasinya-dalam-pembangunan-1/, Rabu 26 Nopember 2014.

2 Seperti yang pemakalah alami saat kuliah di Pascasarjana UMM tahun 2001 M.

3Silkan baca Dr Imarah Saad Syandul, Hal Al Qur`an Kitab Ilm? {Online}, http://e3jaz.way2allah.com/modules.php?name=News&file=article&sid=144

(Visited 5 times, 1 visits today)

Leave a Comment

Your email address will not be published.