KEDUDUKAN TASAWUF DALAM ISLAM

Rasulullah -Shalallahu alaihi wa salam- tidak meninggal melainkan setelah agama ini lengkap, jelas dan gamblang. Rasulullah -Shalallahu alaihi wa salam- menyadari bahwa yang haq itu satu dan yang batil itu banyak jenis, macam dan bentuknya. Karena Rasulullah -Shalallahu alaihi wa salam- berwasiat:

“Sesungguhnya barang siapa yang hidup sesudahku, maka akan melihat berbagai macam perbedaan, maka wajib bagi kalian untuk berpegang dengan sunnahku dan sunnah para Khulafa’ Rasyidin yang telah mendapat petunjuk. Pegang erat-erat dan gigitlah dengan geraham. Dan jauhilah oleh kalian hal-hal baru (dalam agama) karena sesungguhnya setiap yang baru adalah bid’ah dan setiap bid’ah adalah sesat” (HR. Abu Daud, Tirmidzi dan lain—lain).”

Jadi apa yang dijadikan sebagai agama padahal ia bukan bagian dari padanya maka hal tersebut disebut bid’ah dan nilainya tercela secara mufakat2 dan hal seperti itu wajib di jauhi.

Diantar hal baru yang muncul setelah Rasul -Shalallahu alaihi wa salam- adalah faham dan aliran tasawuf Maka makalah ini ditulis untuk mengungkap sejarah munculnya tasawuf,

Download disini

(Visited 14 times, 1 visits today)

Leave a Comment

Your email address will not be published.